Tuesday 29 January 2013

Keutamaan Sholat

Sholat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim dan muslimat. Di dalamnya, kaum muslimin dapat berinteraksi dengan Allah SWT,melalui gerakan berdiri,ruku’,sujud dan juga dengan ucapan-ucapan doa serta pujian.
Sholat adalah penegak keislaman seseorang. Banyak kita dapat keterangan dari ayat-ayat Allah SWT maupun hadist Rasulullah SAW tentang sholat dan keutamaannya dalam kehidupan.
Diantara keutamaan sholat yang diajarkan Islam adalah :

1.    Sholat Adalah Tiang Agama
Rasulullah SAW bersabda “Pokok urusan adalah Islam,sedang tiangnya adalah sholat,dan puncaknya adalah jihad fisabilillah.” (Hadist Syarif)
Dalam hadist yang lain Beliau SAW bersabda “Sholat itu tiang agama. Barangsiapa yang menegakkannya berarti telah menegakkan agamanya dan barang siapa yang meninggalkannya,berarti telah hancur agamanya.” (Hadist Shahih)

2.    Sholat Adalah Amalan Pertama Yang Akan Dihisab Dihari Akhir
Rasulullah SAW bersabda dari Abdullah bin Qurth ra “Amalan yang mula-mula dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat. Jika ia baik, baiklah seluruh amalnya dan jika sholatnya jelek,maka jelek pula seluruh amalannya.” (HR Thabrani)

3.    Sholat Adalah Batas (Pembeda) Antara Iman dan Kekafiran
Rasulullah SAW telah bersabda dari Jabir ra “Batas antara seseorang dengan kekafiran itu adalah meninggalkan sholat.” (HR. Ahmad,Muslim,Abu Daud,Thurmudzi dan Ibnu Majah)
Ketika sholat sudah ditinggalkan maka hilanglah keislaman seseorang. Sholat adalah barang terakhir yang akan hilang atau dikatakan sebagai batas seseorang dengan kekafiran.

4.    Sholat Adalah Pencegah Perbuatan Keji dan Munkar
Sholat yang dikerjakan dengan ikhlas,penuh ketundukan dan kekhusyu’an akan mampu menjadi benteng dari segala perbuatan keji dan mungkar, sebagaimana firman Allah SWT :
“Sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain).” (QS. Al Ankabut : 45)

5.    Sholat Sebagai Wasilah (Perantara) Untuk Meminta Pertolongan Kepada Allah SWT
Sholat,disebut bersama-sama dengan sabar,bisa menjadi wasilah (sarana) untuk meminta pertolongan Allah SWT, sebagaimana firmanNYa :
“Dan mohonlah pertolongan dengan sabar dan sholat..” (QS. Al Baqarah : 45)

6.    Sholat Adalah Ciri Orang Beriman
Dan diantara ciri orang mukmin adalah “… yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya.” (QS. Al Mu’minun : 9)

7.    Sholat Adalah Janji Seseorang Dengan Rasulullah SAW
Bersabda Rasulullah SAW dari Buraida ra “Janji yang terikat erat antara kami dengan mereka ialah sholat…” (HR. Ahmad dan Ash haabus Sunan)

8.    Sholat Akan Memberi Cahaya Kepada Pelakunya
Rasulullah SAW bersada “Barang siapa yang memelihara sholat,maka ia akan memperoleh cahaya,burhan dan kebebasan di hari kiamat. Barang siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak akan mendapatkan cahaya,burhan,dan kebebasan,sedang dihari kiamat ia akan bersama Qarun,Fir’aun,Haman dan Ubai bin Khalaf.” (HR. Ahmad,Thabarani dan Ibnu Hibban)

Demikian beberapa keutamaan tentang sholat. Sangat jelas bahwa sholat adalah merupakan kewajiban yang telah ditetapkan Allah SWT kepada setiap muslim. Tiada yang meragukan hal ini, kecuali orang –orang yang condong kepada kerusakan. Untuk itu mari kita jaga kualita sholat kita. Semoga Allah SWT mengumpulkan kita di surgaNya. Amiin.

No comments:

Post a Comment

Tugas Utama Wanita

"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. Asma’ binti Abu Bakar ra. pernah datang   menghadap Ra...