Wednesday 9 January 2013

Keutamaan Istighfar

Setiap insan memiliki peluang untuk berbuat baik dan melakukan kesalahan atau dosa. Karena itu, orang yang baik bukanlah yang bersih tanpa dosa. Orang yang baik adalah yang selalu mengakui kesalahannya, bertaubat,minta ampun kepada Allah SWT. seraya berusaha tidak mengulangi lagi tindakan dosa yang telah diperbuatnya.
Salah satu upaya pengakuan dosa dihadapan Allah SWT adalah melalui istighfar-memohon ampun atas dosa yang telah,sedang dan mungkin akan dilakukan di hari-hari yang akan datang. Istighfar merupakan suatu usaha dalam  mencapai kesucian jiwa dari segala kekeruhan dan kebusukan dosa. Istighfar juga merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. sehingga hanya orang-orang sombong sajalah yang enggan melakukan istighfar ini.
Agar kita semakin mantab melakukan amal kebajikan yang merupakan bagian dari aktifitas dzikrullah – yaitu istighfar ini – perlu kita ketahui keutamaan-keutamaannya. Diantaranya adalah :

1.    Merupakan Perintah Allah SWT.
Istighfar merupakan perintah Allah SWT. sehingga kita wajib menunaikannya. Sebagaimana firman Allah SWT : “Dan mohonlah ampun kepada Allah sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al Baqarah : 199)
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu..” (QS Ali Imran : 133)

2.    Amal Yang Dilakukan Rasulullah SAW Setiap Hari
“Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah dan mintalah ampun (beristighfar) kepada-Nya,karena sesungguhnya aku (Muhammad SAW) biasa beristighfar dalam sehari seratus kali.” (HR Muslim)
Kalau Rasulullah yang dijamin masuk surga,diampuni segala dosa,dijaga dari segala kesalahan masih beristighfar seratus kali sehari, maka kita yang belum mendapatkan jaminan keselamatan ini seharusnya melakukan hal yang serupa, bahkan sebaiknya lebih dari seratus kali.

3.    Sarana Memperlancar Rejeki
Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang merasa diperlambat rizkinya, hendaklah dia memperbanyak istighfar kepada Allah SWT.” (HR Al Baihaqi dan Ar Rabii’)
Sabda Beliau yang lain : “Siapa yang memperbanyak istighfar, maka Allah SWT akan membebaskannya dari kedukaan,memberikan jalan keluar dari kesempitannya, member rizki dari arah yang tidak diduga-duga.” (HR Abu Dawud)

4.    Istighfar Mendatangkan Kenikmatan Yang Tiada Putus-putusnya
Bagi orang yang rutin dalam melakukan istighfar,baginya jaminan pahala kenikmatan hidup yang tiada putus-putusnya. Firman Allah SWT :
“Dan hendaklah kamu beristighfar kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-NYa. (Jika kamu mengerjakan hal ini) niscaya Dia (Allah) akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan …” (QS Hud : 37)

5.    Raji n Istighfar, Terbebas Dari Perasaan Tertekan dan Berduka
Dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh Aisyah ra Rasulullah SAW bersabda : “Apabila dosa hamba Allah itu banyak dan ia tidak mempunyai amalan yang mampu menutupinya, maka (akan) dimasukkan ke dalam hatinya kedukacitaan (kegelisahan dan ketertekanan). Kedukacitaan itu sebagai penebus dosa-dosa yang diperbuatnya.” (Hadits Syarif)

6.    Istighfar Mendatangkan Keselamatan
Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT menurunkan kepadaku dua kunci keselamatan bagi umatku, Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka,dan Allah tidak akan mengazab mereka selama mereka selalu beristighfar. Bila aku (Muhammad SAW) telah wafat, maka aku tinggalkan bagi kalian istighfar sampai hari kiamat.” (HR At Tirmidzi)

7.    Istighfar Mentramkan Hati
Ketika seseorang dilanda kegelisahan, cemas dan sesuatu yang membuat dia tidak tenang hatinya, maka satu jalan terbaik adalah memperbanyak istighfar. Karena istighfar termasuk bagian dari dzikrullah. Firman Allah SWT : “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah, hati jadi tentram.” (QS Ar Ra’d : 28)

8.    Mendatangkan Ampunan Allah SWT
“Dan orang-orang yang apabila (terlanjur)  melakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka segera ingat Allah,lalu mohon ampun terhadap dosa-dosanya, dan siapakah yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan buruknya itu, sedang mereka menyadari. Balasan bagi mereka adalah ampunan dari Tuhan mereka.” (Qs Ali Imran : 135-136)

9.    Istighfar,Mendatangkan Rahmat Allah SWT
“Hendaklah kamu memintakan ampun (beristighfar) pada Allah, agar kamu mendapatkan rahmat.” (QS An Naml : 46)

10.    Orang Yang Istiqamah dalam Istighfar, Dicintai Oleh Allah SWT
“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al Baqarah : 222)

Demikianlah istighfar, sebuah amal yang ringan dan mudah dilakukan tapi memiliki keutamaan yang luar biasa. Akan tetapi ternyata masih banyak diantara kita yang enggan dan malas melakukannya. Padahal Imam Al Ghazalai dalam kita “At Taubat”  mengatakan “Bahkan daun timbangan (kebaikan) akan unggul berkat kebaikan-kebaikan kecil , sampai daun timbangan itu menjadi berat dan dapat mengalahkan daun timbangan keburukan. Oleh sebab itu amal yang kecil jangan diremehkan dan jangan anda enggan melakukannya.”
Mari kita memperbanyak istighfar, Astaghfirullahal ‘adziim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum wa atuubu ilaihi..

No comments:

Post a Comment

Tugas Utama Wanita

"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. Asma’ binti Abu Bakar ra. pernah datang   menghadap Ra...